Yayasan Amanah Peduli Ummat (YAPU) Kembali Selenggarakan Bhakti Sosial

BANTEN — Yayasan Amanah Peduli Ummat (YAPU) sebuah lembaga yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan kembali melakukan Bhakti Sosial, kali ini dilaksanakan di wilayah Pandeglang, Banten. Bhakti Sosial yang diselenggarakan berupa Khitanan Massal, Operasi Katarak serta Tabligh Akbar.

Ketua Panitia, Wijaya, menuturkan kegiatan ini dalam rangka memperingati Isra Mi’raj 1440 H, yang diselenggarakan oleh Yayasan Amanah Peduli Ummat (YAPU) Cabang Banten.

Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu-Ahad, 30-31 Maret 2019. Adapun Operasi Katarak diadakan pada Hari Sabtu Tanggal 30 Maret 2019 bertempat di Klinik Saruni Pandeglang, sedangkan Khiatanan Massal dan Tabligh Akbar dilaksanakan pada Hari/tanggal 31 Maret/Ahad bertempat di Puskesmas Patia dan Masjid Baitul Fakir, Jln Raya Puputan Km 5 Kabupaten Pandeglang.

“Adapun operasi katarak gratis sebanyak 23 orang positif dilanjutkan operasi dari 65 yang mendaftar. Sementara khitanan massal sebanyak 72 anak,” katanya, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan operasi katarak gratis menjadi yang pertama kalinya diselenggarakan oleh YAPU dalam Bhakti Sosial Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, kegiatan Tabligh Akbar mendatangkan mubaligh Drs. Tubagus Hidayatullah, M.Ag dari Pembinaan Mental Daerah Militer (Bintaldam) III Siliwangi.

Kegiatan tersebut dapat terselenggara berkat donasi lebih dari 175 donatur yang terkumpul sejumlah Rp102.669.000. Donasi tersebut terkumpul dari berbagai kalangan mulai dari Aparat Sipil Negara (ASN), pegawai swasta, hingga mahasiswa.

“Ada 3 hal yang menjadi harapan diselenggarakannya Bhakti Sosial ini, yakni YAPU menjadi agen penebar kebaikan, bahwa Islam rahmatan lil alamin. Kedua, mengetuk hati para agniya [hartawan] di wilayah kegiatan agar peduli dan mau berbagi terhadap sesama dan ketiga memberikan kebahagian bagi peserta baik khitanan dan operasi katarak,” terangnya.

YAPU adalah yayasan yang didirikan sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan yang bertujuan menebarkan kebaikan dengan berbagai kegiatan andalan. Kegiatan andalan YAPU yakni di bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang Sosial dan Keagamaan serta bidang kesehatan dan lingkungan

Kegiatan dilaksanakan oleh tim relawan YAPU sebanyak 40 orang dengan 12 armada kendaraan roda empat.

Kegiatan dihadiri tokoh masyarakat, Camat Patia, Ketua MUI Kecamatan Patia, Kapolsek Kecamatan Patia, Danposmil Kecamatan Pagelaran, Ketua Ikatan Kepala Desa Kecamatan Patia, Kepala Puskesmas Patia.

Peserta berasal dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Patia, Sukaresmi dan Pagelaran.

Data Peserta:

1. Operasi Katarak, pendaftar 65 orang. Positif dan ditindaklanjuti operasi 23 orang;
2. Khitanan massal 72 Anak;
3. Tabligh Akbar dihadiri lebih kurang 500 orang.

Tempat pelaksanaan:

1. Operasi katarak di Klinik Saruni Kabupaten Pandeglang ditangani 2 orang dokter;
2. Khitanan massal di Puskesmas Patia kabupaten Pandeglang, ditangani oleh 20 orang tim medis.
3. Tabligh Akbar dilaksanakan di Masjid Baitul Fakir kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang.

Sumber dana:

1. Internal pengurus;
2. BAZNAS Provinsi Jawa Barat;
3. Aparatur sipil negara (Dosen, guru, pegawai struktural dll);
4. Karyawan perusahaan;
5. Mahasiswa;
6. DKM.


Leave a Reply